Gmail Labs, Fitur Tambahan Dari Google

Posted on 08.17 by badruzamanpunyablog

Gmail Labs, Fitur Tambahan Dari Google


Minggu kemarin, Google menghadirkan Gmail Labs. Coba periksa di bawah tab Settings Gmail Anda. Di sana tertera New! Gmail Labs.

Apa itu Gmail Labs? Pada dasarnya ini adalah cara Google untuk mengumpulkan ide dari para penggunanya. Bedanya, kali ini kita sebagai pengguna Gmail-lah (dan bukan Google) yang akan menentukan mana saja ide yang bagus dan mana yang tidak baik.

Saat sign-in, kita akan melihat sebuah halaman baru di Settings yang disebut Labs. Di situ ada daftar fitur baru percobaan, dan kita bisa mengaktifkan/menonaktifkannya satu per satu. Daftarnya terdiri dari antara lain Quick Links, Superstars (tambahan icon bintang), Pictures in chat (menampilkan foto profil rekan yang sedang Anda ajak ngobrol), Custom keyboard shortcut, dan Muzzle (menyembunyikan pesan status teman Anda).

Salah satu yang mungkin menarik adalah Old Snakey. Ini adalah game ular-ularan, mirip yang ada di ponsel Nokia. Yang juga boleh dicoba adalah Email Addict. Fitur ini membuat layar Gmail Anda akan diputihkan selama 15 menit sehingga Anda bisa beristirahat dari kegiatan e-mail dan chat. Di tengah layar akan muncul kotak biru dengan pesan berikut “Break time! Take a walk, get some real work done, or have a snack. We'll be back in 15 minutes!”. Angka menit itu akan dihitung mundur.

Nantinya, begitu menurut Google, fitur-fitur yang populer bisa saja dijadikan bagian inti dari produk Gmail. Asyiknya, semua fitur baru dalam Gmail Labs tersebut bisa kita diskusikan dengan para pengguna lain yang ada, dan juga engineer yang menulisnya.

Cuma, karena ini merupakan percobaan, tidak ada jaminan bahwa semuanya akan bekerja dengan sempurna. Bisa saja yang kita anggap bagus itu tiba-tiba berubah, mogok bekerja, atau bahkan menghilang.

Nah, daripada penasaran, silakan rasakan saja sendiri mana dari 13 fitur baru itu yang menarik bagi Anda.

Sumber:kompas.com

1 komentar:

IQBAL GRUNGE mengatakan...

ndrun..
visit my blog :
http://iqbalgrunge.blogspot.com

tong hilap d follow+comment..

Posting Komentar